Blog
6 Strategi Pemasaran Produk Kuliner
- January 14, 2022
- Posted by: Officenow Team
- Category: Business
Anda punya usaha makanan atau kuliner tapi belum tahu cara yang tepat untuk memasarkan produk makanan anda? Atau bahkan Anda masih belum membuka usaha kuliner Anda karena masih bingung dan belum tahu bagaimana nanti cara memasarkannya?
Peluang usaha kuliner atau makanan adalah peluang usaha yang menjanjikan. Kenapa menjanjikan? Karena sudah banyak pengusaha makanan atau kuliner yang bisa dibilang sukses karena usahanya melesat bahkan bisa membuka cabang dimana-mana. Tapi tidak sedikit juga yang baru memulai usaha di bidang kuliner namun harus gulung tikar karena sepinya pembeli.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya usaha seseorang di bidang kuliner.
Salah satu faktornya yaitu tentang Strategi Pemasaran Produk Makanan atau Kuliner atau Cara Memasarkan Produk Makanan atau Kuliner.
Oh ya kita akan membahas tentang Strategi Pemasaran Produk Makanan atau Kuliner baik itu makanan ringan ataupun makanan berat.
Strategi yang pertama : Sediakan versi kecil dari produk makanan anda.
Untuk apa? Untuk dibagikan secara gratis kepada orang-orang yang lewat. Biarkan orang-orang yang lewat mencicipi lezatnya produk makanan anda.
Tapi dalam porsi kecil. Kalau satu porsi anda bagikan ke setiap orang yang lewat, rugi bandar dong yah? Nanti pas ada yang mau beli, eh udah habis dibagi-bagiin. Oleh karena itu, buatlah versi kecil atau versi mini atau satu porsi tapi dipotong kecil-kecil.
Strategi yang kedua : Biarkan Aroma yang Berbicara
Jika produk makanan Anda mempunyai aroma yang kuat, maka pergunakan aroma produk makanan Anda tersebut supaya dapat memikat hati orang-orang yang lewat.
Pernah gak Anda mencium aroma mie ayam misalnya kemudian tiba-tiba ingin membeli mie ayam tersebut karena mencium aroma mie ayam yang semerbak ketika tukang mie ayam tersebut membuka pancinya? Mie ayam tersebut bahkan sudah terasa lezat meskipun Anda belum mencicipinya Itulah contoh kekuatan aroma pada produk makanan yang bahkan si penjualnya tersebut tidak perlu cape-cape berbicara agar produk makanannya dilirik orang.
Strategi yang ketiga : Perlihatkan keunikan proses memasak.
Anda Pernah gak Anda melihat chef yang melempar-lempar pisau dan spatula sambil memasak? Nah itulah keunikannya.
Atau proses membuat roti john misalnya, kan diperlihatkan tuh di depan konsumennya Jadi tambah ngiler kan? Tentunya proses memasaknya juga harus higienis yah
Strategi yang keempat: Dapatkan review dan berikan bonus Setelah Anda mendapatkan pembeli di usaha makanan Anda,
Silahkan Anda minta review atau ulasan tentang produk makanan Anda tersebut kepada si pembeli tadi kemudian iming-imingi mereka dengan bonus seperti makanan penutup yang simple jika si pembeli tadi bersedia memberikan review positif pada usaha makanan Anda Sediakan kertas dan pulpen atau bisa juga melalui whatsapp kemudian screenshot ulasan tersebut Gunakan review tersebut untuk meyakinkan calon pembeli lainnya agar membeli pada Anda.
Strategi yang kelima: Instagramable
Instagramable artinya layak untuk difoto dan diupload ke instagram.
Tentunya produk makanan Anda harus terlihat lezat dan menggiurkan meskipun hanya melalui sebuah foto atau video.
Misalnya foto atau video kue yang crispy di luar tapi lumer di dalam meskipun lewat video tapi kue tersebut berhasil membuat ngiler orang-orang yang menontonnya di instagram Atau bila produk makanan Anda tidak begitu istimewa, cobalah buat tempat usaha Anda menjadi istimewa dan unik.
Misalnya dipasang gambar-gambar dinding yang unik dan menarik yang tentunya instagramable juga jadi tidak harus produknya yang instagramable, tempatnya juga bisa Sekarang kan zamannya selfi, jika tempatnya bagus, orang-orang yang datang ke kedai, kafe, restoran atau tempat usaha Anda akan dengan senang hati berselfi ria dan menguploadnya ke sosial media mereka.
Itu merupakan promosi gratis bagi Anda.
Strategi yang keenam: Buat Kontes Buatlah kontes berhadiah untuk menarik konsumen.
Caranya yaitu buatlah kontes foto Si pembeli diharuskan berfoto dengan produk makanan Anda dan upload ke instagram mereka Sertai juga dengan caption menarik atau keterangan yang menarik dan unik Nantinya, foto-foto pembeli tersebut anda repost atau retweet jika di twitter dan pilih beberapa foto yang bagus tentunya dengan caption yang bagus pula untuk diberikan hadiah Hadiahnya bisa berupa uang, merchandise atau apapun terserah anda.
Yang penting hadiahnya menarik bagi mereka Dengan cara di retweet atau di repost postingan mereka tentunya si pembeli tersebut merasa ikut dilibatkan di kontes tersebut dan meskipun foto mereka tidak terpilih menjadi pemenangnya tapi seenggaknya bisa membuat mereka senang karena ikut diposting di sosial media usaha makanan Anda Strategi yang ketujuh: Gunakan Media Sosial Lainnya Setelah tadi disinggung beberapa media sosial seperti instagram dan twitter sekarang saatnya Anda gunakan facebook untuk promosi usaha makanan atau kuliner Anda Untuk yang mudah dan gratis, silahkan cari group-group facebook yang berhubungan dengan makanan dan kuliner.